Mesin Pembutir Pupuk


Pupuk bagi masyarakat sangatlah dibutuhkan khususnya untuk petani.  Ironisnya harga pupuk malah melonjak drastis Rp 110 ribu/zak dan hampir terjadi di seluruh kecamatan juga Kabupaten,  Hingga petani mengunakan pupuk buatan sendiri yaitu pupuk kandang guna memupuk sawahnya.

Masalah ini dapat diatasi apabila produksi pupuk dapat ditingkatkan. Akhirnya besama teman-teman pun merancang bagaimana agar proses pembuatan pupuk dapat diefisiensikan juga diefektifkan dalam proses. Dalam Mesin Pembutir Pupuk SP 36 yang ada di masyarakat pada umumnya prosesnya terlalu banyak dan tidak efisien waktu juga biaya.

Dari hasil Observasi dicontohkan mesin pembutir pupuk SP36 Pabrik pupuk  yang ada di peterongan jawa timur  antara lain :

Bahan-bahan :


  • Zeolith

http://tbn2.google.com/images?q=tbn:W_A296c3qB5jLM:http://wb3.indo-work.com/pdimage/38/s_866638_pospat.jpg

  • Pospat
  • Tetes

https://i1.wp.com/www.carbopol.slupsk.pl/images/galeria/kamien_ogrodowy/dolomit_lamany.jpg

  • Dolomit


  • Asam HCL

Peralatan dan Mesin


  • Pengilling

  • Molem


  • Selinder Oven

Proses Kerja

Pertama

Bahan-bahan pupuk dicampur semua dengan takaran tertentu juga diberi sedikit air + air tetes sebagai pelengket  kemudian digiling agar campuran tersebut menjadihalus.

kedua

campuran bahan tadi dimasukkan ke daam molem dan setelah dikeluarkan bahan akan menjadi setengah membutir. agar butiran pupuk dapat kering betul maka harus dimasukan dalam selinder oven.

Ketiga

pupuk yang keluar dari selinder oven dicampur dengan asam HCL dan angin-anginkan agar dingin dan kering.

Ke-empat

setelah semua proses sudah selesai pupuk tinggal di kemas dalam sak.

Dari pembuatan butiran pupuk di pabrik tersebut terlihat bahwa banyak terdapat proses yang tidak efisien. Dari Permasalahan itu maka timbulah suatu ide untuk redsesain agi mesin tersebut agar menjadi lebih sederhana dan tepat sasaran. Dari berbagi pengetahuan Agus, temanku yang sudah berpuluh tahun kerja di pabrik pupuk. Dia memperpunyai gagasan untuk merubah proses pembuatan pupuk agar lebih capat dan efisien. Dulu waktu masih bekerja sebagai karyawan ia pernah mencobadengan satu selinder saja bahan pupuk tersebut sudah bisa membutir asalkan campuran tadi harus tepat takarannya juga kandungan air didalamnya. Maka dari sinilah kami memulai melakukan rancangan memperbaruhi dari sistem pembuatan pupuk yang kurang efektif tersebut. Selang beberapa hari setelah rancangan mesin pembutir pupuk tadi selesai dibuat, ada salah satu pabrik pupuk yang memesan dibuatkan mesin tersebut

Diskripsi Rancangan Redesain Pembutir Pupuk

Gb. Rancangan awal
mesin pembutir pupuk

Gb. Rancangan akhir

Penggunaan mesin pembutir pupuk ini bisa di aplikasikan di masyarakat dan home industri, karena mesin ini mempunyai konstruksi yang lebih sederhana dibandingkan dengan mesin pembutir pupuk jenis lain. Sistem kerja dari mesin pembutir pupuk ini adalah dengan bahan mentah seperti dolomit siolit,pspart,tetes,dan asam hcl yang sudah diatur ukuran dari produk dengan mengatur perbandingan bahan dan asam basah hasil pupuk di labotorium, adapun proses pembutir pupuk terjadi dengan adanya bidang miring dari tabung yang kira-kira kemiringannya 23 derajat. Dalam perancangan mesin ini dilengkapi dengan sirif-sirif dengan tujuan memberikan memberikan bidang putar yang luas dan juga agar sewaktu terjadi pembutiran tidak terlalu besar diameternya.

Keungulan mesin ini diban dingkan dengan mesin pembutir pupuk biasanya adalah dengan adanya pengefisien proses, kalau pada pembutir pupuk biasanya proses yang dilakukan adalah penggilingan,pembtiran setengah jadi yang dilakukan dengan molen, lalu pengeringan yang dilakukan tiga kali juga pengasaman yang dilakukan diluar hal tersebut sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama dam memakan banyk biaya.

Perancangan mesin ini meliputi : Rahang/Gigi, gear box, tabung oven, poros,fun belt, Bearing, motor, Pully, kompor listrik, plaindes, kanal . Komponen ini diharapkan mampu bekerja sesuai dengan konstruksi yang direncanakan. Jadi semua komponen ini harus disesuaikan dengan bahan dan dimensi yang telah dirancang untuk mencapai kekuatan maksimal dari mesin pembutir pupuk

Dari perhitungan yang telah dilakukan sudah pasti didapat konstruksi mesin pembutir pupuk yang sesuai dengan rancangan. Tetapi ada dua hal yang tidak boleh dilupakan yaitu perawatan dan pemakaian mesin yang sesuai dengan rancangan, hal ini yang sering diabaikan sehingga mengakibatkan komponen mesin memiliki kekuatan dibawah dari kekuatan yang telah direncanakan.

One response to “Mesin Pembutir Pupuk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s