Menemukan Gaya Belajar Anda


Gaya belajar anda adalah kunci untuk mengembangkan kinerja dalam pekerjaan, di sekolah dan dalam situasi-situasi antar pribadi. Ketika anda menyadari bagaimana anda dan orang lain menyerap dan mengolah informasi anda dapat menjadikan belajar dan berkomunikasi lebih mudah dengan gaya anda.

Cara belajar merupakan hasil dari kombinasi bagaimana kita akan menyerap, lalu mengatur dan mengolah informasi. Isyarat verbal dapat membantu dalam menentukan modalitas belajar. Maka dari itu kita harus mengetahui terlebih dahulu karakteristik-karakteristik pada masing-masing isyarat verbal tersebut. Apakah kita termasuk orang visual, auditorial atau kinestik. Setelah kita mengetahui gaya belajar maka kita bisa mengetahui cara bagaimana kita menolah informasi.

System identifikasi ketiga gaya tersebut akan membedakan cara memproses informasi dan menurut Antony Gregpore kajian infestigatifnya menyimpulkan adanya dua dominasi otak, yaitu :

  1. Persepsi konkrit dan abstrak
  2. Kemampuan pengturan secara skuensial (linier) dan acak (non linier)

Hal ini dapat dipadukan menjadi empat kombinasi perilaku yang disebut gaya berpikir, yaitu :

  1. Skuensial Konkret
  2. Skuensial Abstrak
  3. Acak Konkret
  4. Acak Abstrak

Tipe pemikir Skuensial Konkret realitas terdiri dari apa yang dapat mereka ketahui melalui indera fisik, yaitu :

  1. Indera Penglihatan
  2. Indera Perabaan
  3. Indera Pendengaran
  4. Indera Perasaan
  5. Indera Penciuman

Tipe pemikir ini dapat mengingat realitas dengan mudah dan mengingat fakta-fakta informasi rumus-rumus dan aturan-aturan khusus dengan mudah. Makalah adalah salah satu sumber belajar yang baik bagi tipe pemikir ini. Mereka menyukai prosedur khusus dan pengarahan-pengarahan sehingga mereka mampu menjadi orang bisnis yang baik. Kiat-kiat jitu bagi pemikir ini adalah :

  1. Membangun organisasional
  2. Cari tahu detil apa yang diperlukan
  3. Membagi proyek menjadi beberapa tahapan
  4. Menata lingkungan kerja yang tenang

Untuk pemikir Acak Konkret mempunyai sikap ekspermental yang diiringi dengan perilaku yang kurang terstruktur. Mereka berdasarkan pada kenyataan tetapi sering melakukan coba-coba (trial and error) karenanya mereka sering melakukan lompatan yang intuitif yang diperlukan untuk pemikiran kreatif yang sebenarnya.

Mereka mempunyai dorongan yang kuat untuk menemukan alternatif dan mengerjakan segala sesuatu dengan cara mereka sendiri dan waktu bukanlah skala prioritas bagi orang-orang pemikir ini. Mereka lebih terobsesi pada pada proses daripada hasil.

Pemikir tipe ini berpegang pada realitas dan mempunyai sikap ingin mencoba. Beberapa kiat bagi pemikir acak konkret adalah :

  1. Lihatlah logika
  2. Suburkan kecenderungan
  3. Upayakan keteraturan
  4. Analisislah orang-orang yang berhubungan dengan kita

Dunia nyata pada tipe pemikir Acak Abstrak adalah dunia perasaan dan emosi. Mereka tertarik pada nuansa dan sebagian lagi cenderung pada mistisme. Pikiran pada tipe ini menyerap ide-ide, informasi dan kesan serta mengaturnya dengan refleksi.  Perasaan sangat mempengaruhi dan dapat lebih meningkatkan belajar mereka.

Tipe pemikir ini merasa dibatasi ketika berada di lingkungan yang sangat teratur, mereka suka berkiprah di lingkungan yang tidak teratur yang berkaitan dengan banyak orang. Beberapa kiat bagi tipe pemikir ini adalah :

  1. Gunakan kemampuan alamiah untuk bekerja sama dengan orang lain
  2. Ketahuilah betapa emosi dapat mempengaruhi konsentrasi
  3. Bangunlah kekuatan belajar dengan berasosiasi
  4. Lihatlah gambaran besar
  5. Waspadalah terhadap waktu
  6. Gunakan isyarat-isyarat visual

Berpikir Kreatif

Steve Cortis seorang pengusaha dan pakar kreativitas mengatakan bahwa kita semua lahir dengan kreativitas dan jika kita yakin bahwa kita adalah orang kreatif maka kita akan menemukan cara kreatif untuk mengatasi masalah harian kita dengan baik dalam pekerjaan maupun dalam kehidupan pribadi kita.

Orang berfikir selalu akan ingin tahu, ingin mencoba-coba, berpetualang, suka bermain-main, serta intuitif dan kita mempunyai potensi untuk menjadi orang kreatif. Orang kreatif menggunakan pengetahuan yang dimiliki dan pengetahuan orang lain kemudian memperkuat terobosan/lompatan yang memungkinkan mereka memandang segala sesuatu dengan cara yang baru yang sebelumnya belum pernah mereka alami.

Dalam berpikir kreatif tentunya tidak terlepas dari beberapa hal, sebagai berikut :

Informasi

Informasi adalah suatu bahan mentah perubahan yang selalu berkembang dengan sangat pesat, hal ini mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi seorang pengusaha, guru, murid dan seluruh warga di dunia agar hidup kita mendapatkan hasil yang positif terhadap informasi dan kita harus adaptif kreatif bukan adatif pasif dalam menyambut informasi yang semakin cepat.

Tahapan penyelesaian kreatif

Tahapan dalam penyelesaian kreatif adalah sebagai berikut :

  1. Persiapan    : Mendefinisikan masalah, tujuan dan tantangan
  2. Inkubasi      : Mencerna fakta dan mengolahnya dalam pikiran
  3. Iluminasi      : Mendesak gagasan bermunculan ke permukaan
  4. Vertifikasi    : Memutuskan apa solusinya benar-benar memecahkan masalah
  5. Aplikasi       : Mengambil langkah dalam menindaklanjuti solusi

Berpikir tentang hasil

Suatu aktifitas yang menyenangkan merupakan cara/metode berfikir yang berhasil. Ketika kita dapat menvisualisasikan diri sebagai orang yang kita cita-citakan akan langsung maka secara tidak langsung kita akan menuju ke arah itu.

Pergeseran paradigma

Paradigma adalah seperangkat aturan yang kita gunakan untuk mengevaluasi informasi dan menyatukan ke dalam kehidupan. Setiap orang punya paradigma. Paradigma –paradigma bermanfaat bagi anda tetapi paradigma juga bisa dibatasi.

Hidup melalui paradigma seperti selalu melihat lewat jendela yang sama. Akibatnya hanya sebagian kecil yang sama dari dunia. Anda dapat menjalani seluruh hidup dengan memandang lewat jendela yang sama dan menjalani hidup biasa-biasa saja. ”pergeseran paradigma” seperti menemukan jendela yang baru secara tiba-tiba yang melaluinya semua hal yang baru menjadi nampak atau hal-hal lama dapat dilihat dengan pandangan yang berbeda.

Curah gagasan (Brainstorming)

Yaitu teknik penyelesaian masalah dengan mencatat gagasan-gagasan yang berkembang. Ini didasarkan premis bahwa untuk mendapatkan ide-ide besar anda harus dapat memiliki banyak ide agar dapat memilihnya. Ini serupa dengan teori fotografi. Jika anda menghabiskan satu roll film anda mungkin mendapatkan sepasang foto tidak tahu mana yang bagus dan yang tidak. Itulah sebabnya anda harus banyak menjepret. Ketika berfikir tentang curah gagasan bisa dibayangkan juga seperti ruang konferensi dimana orang duduk mengitari meja dan menuangkan gagasan kepada fasilitator untuk dicatat.

Diawali dari kertas kosong pastikan masalah anda terdefinisikan dengan baik. Kemidian tulis kata kunci ditengah kertas dan lingkari. Lalu biarkan gagasan mengalir. Setiap ada gagasan catat dan lingkari hubungan dengan subyek ditengah atau dengan pikiran utamanya. Buat sebanyak mungkin. Ketika anda berfikir telah mendaftar setiap hal yang dapat anda pikirkan paksa diri anda untuk menambah limagagasan lagi. Ini merupakan latihan yang baik dengan membantu anda memikirkan solusi yang tak pernah terpikirkan oleh orang lain sebelumnya.

Curah gagasan untuk masa depan (Brainstorming the furure)

Memandang masa depan adalah salah satu manfaat terpenting kreatifitas. Yang tersedia sekarang adalah bahan mentah untuk masa depan memproyeksikan apa yang akan terjadi, meramalkan variabel-variavel apa yang akan membangun masa depan adalh latihan utama pemikiran kreatif.
Pada learning forum, para pemimpin mengadakan pertemuan dengan tema”curah gagasan untuk masa depan”.  Semua harus menerima semua pemikiran sebagai realitas potensial. Beberapa skenario tampak masuk akal sehingga learning forum harus mengubah rencana strategis sepuluh tahun yang akan datang. Sedangkan gagasan yang lain terlalu jauh hubungannya sehingga membuat semua peserta diklat didik tertawa.Walaupun demikian harus disadari gagasan yang aneh pun bisa menjadi revolusi yang bisa merubah masa depan secara signifikan.

Kiat – kiat jitu berpikir kreatif

Ada beberapa kiat jitu dalam berpikir kreatif, diantaranya adalah sebagai berukut :

  1. Ingatlah kesuksesan dimasa lalu untuk memicu motivasi bahwa kita adalah orang sukses dan mampu melakukannya lagi
  2. Menjalani kehidupan dengan penuh keyakinan
  3. Melatih kreatifitas yang dimiliki
  4. Kegagalan membawa rahmat pada keberhasilan
  5. Raihlah impian dan fantasi kita
  6. Biarkan kesenangan memasuki kehidupan kita
  7. Kumpulkan pengetahuan dari tempat lain
  8. Bebaskan pikiran dari asumsi
  9. Lihat situasi dari berbagai sisi
  10. Ubah posisi kita sesering mungkin

Kesimpulan

Pembelajaran ialah membelajarkan siswa menggunakan asa pendidikan maupun teori belajar merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan. Pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah, mengajar dilakukan oleh pihak guru selaku pendidik dan belajar dilakukan oleh peserta didik.
Bahan pelajaran dalam proses pembelajaran hanya merupakan perangsang tindakan pendidik atau guru, antara belajar dan mengajar dengan pendidikan adalah suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Proses pembelajaran adalah aspek yang terintegrasi dari proses pendidikan.
Hal yang paling berharga dalam belajar adalah bagaimana cara belajar, dengan alasan inilah maka sekolah harus bisa menciptakan :

  1. Suasana aman dan nyaman
  2. Siswa mempunyai kepercayaan dengan instruktur
  3. Tersedianya sarana dan prasarana yang menunjang

Model pendekatan Quantum learning ini menggabungkan sugestology, teknik percepatan belajar dan neurolinguistik dengan teori-teori pembelajaran. Model ini dapat digunakan pada semua pelajaran, lingkungan dan sumber belajar model ini mempertimbangkan dengan cermat lingkungan positif, aman, mendukung, santai dan menggembirakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s