Perbandingan ramadhan di desa dan kota


Setelah 2,5 tahun disurabaya cukup sudah saya bandingkan nikmat menjalankan ibadah puasa di desa dan kota. Kalau dikota nikmat puasa terasa seakan hanya waktu berbuka saja, tetapi dibandingkan dengan puasa di desa yang penuh dengan kekhusukan nikmat tersebut mendarah daging bukan di waktu buka saja melainkan 3 bulan sebelum bulan puasa sudah terasa hawa dan aroma bulan puasa yang menyejukkan jiwa, terasa akan hadirnya bulan yang penuh berkah, bulan penuh pengampuanan, bulan penuh ketentraman hati, bulan khidmatan, bulan yang menjadikan keimanan kita semakin mantap tiap bulan, tiap hari, tiap malan dan tiap waktu.

Setelah beerapa tahun disurabaya kegiatan yang saya lakukan sewaktu bulan ramadhan  terasa ampang tanpa rasa. hanya uang, kerja, jabatan, pujian dan kesibukan yang tidak penting yang dilakukan tiap hari. Istikomah yang dulu dilakukan di waktu malam kini sudah mulai pudar. keyakinan yang dipegang dan di jalankan tiap hari kini sudah dilanggar.

Akankah kita sia-siakan bulan penuh dengan kenikmatan tersebut, Seandainya saja bulan ramadhan itu datang tiap hari bukan tiap tahun akhlak kita tidak akan seperti ini, akhlak bobrok yang hanya mementingkan diri sendiri merangkul teman hanya kalau kita sedang butuh bantuan teman saja.

Desa, Kota sebenarnya hanya lingkungan yang membuat tembok pemisah, ibadah tidak kenal apa itu lingkungan,. Ini memang salahku godaan datang silih berganti memudarkan keimanan ku menjauhkanku dengan-Nya

ya robby astaghfirullah………………..

mulailah kita manata kembali hati kita apapun lingkungan kita jangan sampai mengendurkan keimanan kita, saya mulai kini sudah menata diri. kapa teman-teman menyusul.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s