Laptop Rusak Akibat dimatikan Tanpa Shutdown


 

Laptop adalah perangkat komputer yang terdiri beberapa komponen elektronik, apabila salah satu komponen ini erorr atau bermasalah maka seluruh unit laptop akan ikut bermasalah. Kerusakan pada komponen elektronik itu bukan hanya terjadi akibat perlakuan fisik saja tetapi cara pengunaan laptop yang yang salah juga bisa membuat kerusakan yang fatal pada komponen.

Pernah suatu ketika teman saya memberitahu saya ada laptop yang rusak akibat cara mematikan yang salah. laptop itu dimatikan secara paksa tanpa melewati perintah shutdownatau ilegal shutdown, akibatnya laptop tersebut terjadi kerusakan yang fatal. Perintah shutdown adalah perintah dimana terjadi proses penyimpanan terlebih dahulu yang melewati memori dan apabila komputer atau laptop yang dimatikan tanpa shutdown maka akan terjadi kerusakan disekitar matherboard.

Kembali ke permasalah laptop yang dibawa teman saya tadi. setelah di analisis laptop dinyalahkan ternyata tegangan listrik seperti tidak bisa mengangkat beban laptop sehingga yang terjadi sewaktu dinyalakan laptop hanya nyala biosnya sebentar setelah itu mati lagi tetapi kipas dan indicator power masih nyala. sebagian teknisi komputer akan menyarankan ganti matherboard laptop karena yang terjadi karesakan adalah matherboardnya. wah gawat juga ya…. masa akibat dimatikan secara paksa atau illegal shutdown bisa menyebabkan kerusakan yang serius. padahal harga matherboard saja bisa mencapai 2,5 juta lebih.

Sekarang cara memperbaikinya,

ada beberapa langkah yang akan kita lakukan untuk memperbaiki laptop tersebut, antara lain :

  1. Ambil nafas dalam-dalam kuatkan iman dan tekad yang bulat untuk membongkar laptop
  2. Mungkin kalau yang mengerjakan pembongkaran waktu malam hari bisa membuat kopi dulu atau beli kopi diwarung sebelah agar sewaktu membongkar tidak ngantuk dan terjadi kesalahan perbaikan
  3. Siapkan alat-alat dan bahan yang diperlukan untu pembongkaran
  4. Bongkar laptop tapi jangan dibongkar semua cuma bongkar tutup memorinya saja
  5. nyalakan laptop meskipun hanya nyala lampu indikatornya saja tidak apa-apa
  6. Ambilah obeng
  7. baca bismillah
  8. Goreskan ujung obeng yang terbuat dari besi ke kaki memori seperti gambar dibawah ini :

yang digores kaki-kaki slot memorinya dari bawah sampai atas

selanjutnya matikan laptop dan nyalakan lagi

derett,,,,,,,,,,,,,,,,laptop sudah bisa nyala lagi

semoga bermanfaat ya

10 responses to “Laptop Rusak Akibat dimatikan Tanpa Shutdown

  1. mas mau nanya nih, laptop saya acer aspire 4741. pas saya kasih hidup, lampu power dan battery berkedip secara bersamaan. pas muncul logo acer, laptop saya diam… saya tekan F2, gk bisa masuk ke bios. itu kenapa ya?gimana perbaiki nya?

  2. Mas, saya punya acer aspire 4741. ketika tombol power ditekan laptop tidak mau hidup, kipas tidak berputar, tetapi lampu indikator power yang ada di depan dan lampu yang ada di tombol power menyala terus menerus dalam selang waktu 4 detik. Itu gimana cara mengatasinya mas. Terima kasih sebelumnya.

  3. Mas, saya punya acer aspire 4741. ketika tombol power ditekan laptop tidak mau hidup, kipas tidak berputar, tetapi lampu indikator power yang ada di depan dan lampu yang ada di tombol power menyala terus menerus dalam selang waktu 4 detik. Itu gimana cara mengatasinya mas. Terima kasih atas solusinya.

  4. assalammualaikummm…… mas notebook saya acer aspire, ternyata note book saya udah 2 hari di sleep lupa di matein,, pas saya hidup pin awalnya mau trus tiba2 blank dan sampek skrang masih bgitu, itu krusakkan gimna mas..katanya rusak hardisnya kalo di perbaiki kira2 brapa yaa mas.. wassalamm ditunggu yaa solusinya… jazakaallah untuk infonya

  5. mas laptop saya matikan paksa karena kena air tapi sudah dibersihkan airnya saya nyalakan lampu power hidup tapi selang beberapa menit mati lagi gimana solusinya mas saya coba yang dibilang ini mudah2 berhasil

  6. Terakadang selusinya pada RAM atau Hardisk karena laptop dipaksa mati saat terjdi blang habis gimana kalau ga bisa shutdown atau bisa bad sector

Tinggalkan Balasan

